Tips & Trik memilih Franchise

Tahun 2023 merupakan tahun di mana semua pengusaha kembali melebarkan sayapnya untuk memulai buka usaha. Mulai dari bisnis kuliner, jasa, hingga retail.

Tapi apakah kalian tahu bagaimana cara memulai bisnis agar bisa berkembang dan diterima pasaran? Kamu bisa baca artikel ini hingga selesai.

Bagi seseorang yang baru mulai ingin berbisnis, Franchise maupun kemitraan adalah solusi terbaik dan tepat. Dengan bisnis Franchise maupun kemitraan, dianggap sebagai cara paling aman untuk memulai bisnis dari Nol.

Semua produk, Brand maupun Branding hingga strategi pemasaran penjualan sudah disiapkan oleh pemilik bisnis/brand dan kamu yang ingin membuka usaha hanya membutuhkan persiapan dana untuk Modal Awal, Renovasi dan biaya sewa tempat, dan lainnya.

Menurut wikipedia, Franchise ataupun Waralaba merupakan sebuah konsep bisnis di mana pemilik usaha memperbolehkan orang lain untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki oleh pemilik usaha. 

Banyak orang tertarik pada bisnis Franchise ini. Mungkin kamu salah satunya.

Intip 10 Tips & Trik sukses dalam menjalankan bisnis Franchise maupun kemitraan.
  • Pilih Brand yang disukai

Poin nomor satu ini sama halnya dengan kamu menyukai hobimu. Memilih usaha juga harus sesuai dengan apa yang kamu sukai, agar kamu bisa mengoptimalkan usaha bisnismu.

Buka bisnis juga berarti kamu bekerja. Di mana, jika kamu tidak menyukai pekerjaanmu kamu tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai. Sama, buka bisnis juga seperti itu. Jika kamu menyukai bisnismu, kamu bisa mendapatkan omset yang banyak saat bisnismu berkembang. 

Teman Nongkrong Brand Populer Kafe shop saat ini

Sebelum kamu menentukan Brand apa yang kamu sukai, kamu juga harus mencari tahu apakah bisnis ini cocok dibidangmu atau tidak. Jangan sampai kamu terjebak di brand yang kamu suka, namun kamu tidak mengerti bagaimana cara mengelolanya.

Karena pada dasarnya, brand yang kamu sukai itu belum tentu disukai pasaran lainnya. Kamu harus paham, skill dan kemauan berusaha menjadi nilai penting juga sebelum menentukan brand yang akan dijadikan usaha.

  • Memiliki Lokasi Strategis

Poin nomor dua yaitu kamu juga harus memiliki lokasi yang strategis. Ini akan menjadikan syarat utama kamu ingin buka usaha apapun. Mulai dari; makanan, minuman, jasa, retail sangat membutuhkan lokasi yang strategis.

Mungkin jika brand yang kamu pilih sudah sangat terkenal, tapi letak lokasinya tidak strategis itu akan mempengaruhi usaha anda juga. Bahkan bisa mengurangi omset yang ada.

Karena itu, tempat itu disesuaikan dan dikonsultasikan kepada ahlinya. Ataujika kalian ingin membuka usaha makanan dan minuman, letakkan usaha anda di pusat keramaian atau yang biasa di datangi banyak orang.

Memang kamu akan mendapatkan biaya yang lebih mahal, tapi untuk kehidupan usahamu akan sangat lancar.

  • Sesuaikan Bisnis kamu dengan Passion

Sesuai yang sudah minra infokan di atas. Banyak sekali bisnis usaha yang akan ditawarkan. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis kafe, bisnis restoran, hingga bisnis salon maupun supermarket.

Jadikan bisnis kamu sebagai passion kamu. Jika passion kamu di kuliner, kamu bisa membuka bisnis kuliner. Atau jika passion kamu masak menu-menu barat maupun asia, kamu bisa membuka bisnis restoran sesuai yang kamu sukai.

Carilah yang sesuai dengan segi pengetahuanmu, target pasar yang tepat, rencana promosi ataupun branding untuk bisnis kamu, tak lupa bagaimana cara mengelola bisnis kamu. Karena dengan passionmu, kamu akan memperkuat menghadapi tantangan bisnis kedepannya.

  • Kenali Franchise yang ingin kamu beli

Poin ini kamu harus pandai-pandai mengenali franchise yang akan dibeli. Kenali dulu brandnya, ketentuan komitmen fee-nya, dan sistem franchise yang seksama.

Kenapa demikian? karena setiap Brand Franchise memiliki sistem yang berbeda dengan struktur yang berbeda pula. Di mana saat ini sistem Franchise adalah pembagian hasil ataupun pembayaran Royalti setiap bulannya.

Nah, dari situ kamu harus paham mengenai Franchise yang akan kamu beli. Jangan sampai kamu salah membeli dan berujung tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Kenali Potensi Pasar

Setelah melakukan kelima poin di atas, kamu juga harus mengerti potensi pasar kamu. Kenapa begitu? Karena dengan kamu mengenali potensi pasar kamu, kamu tahu mana orang-orang yang akan datang untuk melaku-kan usahamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengukur apakah disana banyak orang yang menyukai daganganmu atau tidak. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu saat kamu sudah menemukan tempat yang strategis. Guna kenali potensi pasar ya seperti itu.

Dengan bisnis franchise yang akan kamu beli, kamu juga kenali potensi pasarnya di sana, apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana atau tidak.

Jadi, jangan sampai kamu merugi karena kamu tidak mengenali potensi pasar sekitarmu ya, Kawan!

  • Siapkan Modal yang Cukup

Selain kelima poin di atas, kamu juga harus mempersiapkan modal yang cukup agar kamu tidak pusing. Jika modal kamu cukup, usahamu akan terus berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan.

Sama dengan hal-nya kamu buka usaha Franchise, biaya modalnya cukup bervariasi. Mulai dari yang rendah hingga tinggi.

Persiapkan modal dengan sebaik mungkin, agar kamu tidak pusing memikirkan kekurangan saat membuka franchise, oleh karena itu kamu jangan terfokus pada simulasi-simulasi yang diberikan dari tim franchise yang akan kamu ambil.

Kenyataan pada jaman sekarang, jika modal tidak cukup kamu akan kesulitan membuka usaha Franchise.

  • Terstruktur dan mengikuti alur

Dengan poin ini, kamu harus paham jika semuanya harus terstruktur dan mengikuti alur. Kenapa begitu? Karena semua Franchise memiliki prosedur yang berbeda.

Mengikuti alur tim Brand Franchise sama juga mengikuti aturan yang ada. Contoh saat kamu sudah deal dengan brand Franchise A, kamu harus mematuhi peraturan yang ada. Semua sudah diatur oleh tim franchise tanpa ada lompat-lompatan step supaya tidak salah dalam memulai usahanya.

  • Menetapkan goal dan mempunyai perencanaan bisnis

Di sini kamu sendiri harus menetapkan goal kamu dalam menciptakan bisnis. Jika Goal kamu ingin modal balik dalam waktu cepat dan untung setiap bulannya, kamu harus memiliki perencanaan bisnis yang sudah dianalisa matang-matang.

Perencanaan bisnis di sini sama dengan kamu memiliki strategi baik dari pemasaran hingga analisa market yang jelas. Semua sudah dibuatkan skema market agar bisnis kamu bisa lancar dan jaya.

  • Tingkatkan pemasaran

Selain itu, tingkat pemasaran juga dibutuhkan. Kamu harus tahu 5W+1H mengenai tingkat pemasaran usaha kamu. Jangan sampai kamu tidak meningkatkan pasaranmu, kamu akan merasa merugi lohh…

Kamu jangan pedulikan di mana kamu menjual usahamu, dengan pemasaran kamu akan membantu mendapatkan konsumen secara signifikan banget.

Mungkin tim Franchisemu sudah mengeluarkan promosi dan after sales secara menyeluruh, namun bisa saja pasar lokal kamu menginginkan pemasaran digital yang bisa diterima siapapun. Semua perlu di coba, begitupun berulang.

Jika gagal di pemasaran digital, kamu bisa mencoba kembali pemasaran secara tradisional. 

  • Meningkatkan Layanan Konsumen

Sudah pernah dengar pepatah mengatakan jika konsumen itu adalah raja? Nah tepat sekali, konsumen memang raja, karena itu kamu harus memegang kata-kata itu. Buatlah pelayanan terbaik untuk konsumenmu.

Selain kamu memberikan diskon, promo maupun voucher besar-besaran kepada konsumenmu, kamu juga harus bisa meningkatkan layanan konsumen kamu.

Semisal, kamu memberikan sambutan saat pengunjung datang dengan layanan terbaik ketika konsumen berkunjung ataupun memilih produk yang kamu jual. Hal itu akan menjadi nilai utama (plus) untuk meningkatkan layanan konsumenmu.

jadi itulah 10 Tips and Trik agar kamu sukses membuka usaha Franchise maupun kemitraan. Kamu jadi membuka usahamu tidak?

Yuk tanyakan langsung seputar Franchise yang ada kepada admin di bawah ini:

Chat Sekarang
Butuh bantuan? Chat Disini
Scan the code
Konsultasi GRATIS !
Halo Selamat datang di IndoBerbisnis, Pusat Franchise Kuliner di Indonesia.

Ada yang bisa saya bantu lebih lanjut ?